manajemen umum I


Manajemen Umum
Batasan/Pengertian
Mary Parker Follet
  seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
John D. Millet
  Suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja   kepada   orang   yang diorganisasikan dalam kelompok   formal untuk   mencapai tujuan
James A.F. Stoner & Charles Wankel
  Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,   dan   pengendalian upaya anggota organisasi lainnya   demi   tercapainya tujuan   organisasi
Paul Hersey & Kenneth H. Blanchard
Suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi
Henry Fayol
Suatu kumpulan orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
Manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan
(HB. Siswanto)
Manajemen didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (orgainizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling)
(T. Hani Handoko) 

alasan diperlukannya manajemen 
1.Untuk mencapai tujuan
2.Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
3.Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas
 
Efisiensi   : kemampuan untuk menyelesaikan suatu       pekerjaan dengan benar.
  (doing the right things)
Efektivitas   : kemampuan untuk memilih tujuan yang      tepat atau peralatan yang tepat untuk      mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
 
Tujuan Manajemen : sesuatu yang ingin direalisasikan, yang menggambarkan cakupan tertentu dan menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer
Tujuan dapat digolongkan:
1.Tujuan organisasi secara makro
2.Tujuan manajer pada seluruh hierarki organisasi
3.Tujuan individu
Tujuan manajemen dalam suatu organisasi :
1.Tujuan pokok
2.Tujuan bagian
3.Tujuan kelompok
4.Tujuan kesatuan
5.Tujuan individu
(doing things
Pengertian Organisasi
Kelompok orang (dua atau lebih) yang
 bekerjasama dengan terkoordinasi, dengan
  cara yang terstruktur
  untuk mencapai tujuan tertentu.
 
Manfaat Organisasi
Melayani Masyarakat
Mencapai Tujuan Tertentu
Memberi Karir
Memelihara Ilmu Pengetahuan
Kaitan antara Organisasi dengan
  Manajer
Manajemen (Mary Parker Follet): Seni mencapai sesuatu melalui orang lain.
Manajer: Orang yang melakukan kegiatan manajemen
right)
 

 

Komentar